Di Dukung Oleh :

Di Dukung Oleh :
Posted by : Unknown Jumat, 22 November 2013

Negara Indonesia terkenal dengan Negara yang subur kaya akan sumber daya alam hewani maupun nabati dll . Indonesia pun kategori sebagai Negara berkembang urutan 18 dari 49 Negara di Asia . Karena banyaknya penduduk Indonesia yang semakin bertambah maka di butuhkanlah bahan sebagai pelengkap sandang, pangan, dan papan.

Hutan adalah sumber yang menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari tumbuh-tumbuhan dan hewan yang hidup dalam ekosistem hutan . Penduduk Indonesia memanfaatkan pengalihan guna lahan hutan sebagai lahan pertanian, permukiman, dan industri yang dapat menimbulkan dampak negatif pada ekosistem hutan .

Perkembang penduduk yang semakin meningkat tiap tahun, masalah yang akan ditimbulkanya pun juga meningkat . Kalian tahu apa masalah yang terjadi bila perkembangan penduduk makin meningkat ? Ya, pastinya dampak yang timbul ialah padatnya permukiman yang menggunakan lahan pertanian atau hutan, polusi udara yang di timbulkan dari cerobong asap pada pabrik industri, sampah-sampah yang berceceran pada lingkungan tempat singgah penduduk Indonesia.

Bila seluruh hutan indonesia dialih gunakan untuk kepentingan pembuatan jalan, permukiman penduduk, dan temapt untuk berindustri ata lapangan perkerjaan maka hutan yang dulunya hidup berjaya namun kini telah tandus bagaikan ayam yang tak berbulu. Indonesia yang hijau kini tidaklah hijau karena karakter yang di miliki oleh setiap kepribadian penduduk indonesia berbeda, perlunya kesadaran atau panggilan hati untuk lebih bertanggung jawab dalam pelestarian alam dengan cara penanaman pohon yang dapat berumur lama .

Hutan yang gundul menyebabkan kerugian tanah yang menjadi tandus , tanah longsor, dan banjir karena tidak ada lagi tumbuhan yang dapat menyerap air saat hujan turun . Begitupun dengan berimpit-impitnya rumah atau tempat tinggal penduduk indonesia yang kumuh dan terlalu banyak sampah yang terbuang di sembarang tempat tanpa mempedulikan dampak yang terjadi bila sampah itu tidak segera di bereskan dengan cara memilah antara sampah organik dan anorganik.

Kini kurangnya kesadaran pribadi pentingnya kebersihan dan fungsi hutan yang melibatkan suatu bangsa , karena kebersihan suatu bangsa merupakan jati diri bangsa . Menanam pohon, memanen kebaikan diantaranya sebagai habitat tumbuhan dan hewan, gudang biodiversitas, penangkapan karbon atmosfer, daerah penangkapan air (water catch ment) sekaligus menyuplai airbersih serta penjaga stabilitas tanah, iklim lokal, hidrologi tanah, dan efisiensi siklus hara .@Rafi Buldan Azizi, X-TKJ 3 SMK Negeri 2 Kota Probolinggo

Pengunjung yang baik selalu memberikan komentar yang membangun ^____^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Daftar Isi

Blogger Tricks
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Probolinggo Cyberspace - Powered by Blogger - Edited by Fitrah Izul Falaq -