Di Dukung Oleh :

Di Dukung Oleh :
Posted by : Unknown Jumat, 22 November 2013

Oleh : Hakim Zakaria Akbar

Indonesia tanah airku, Indonesia kebanggaanku. Merah dan Putih adalah kehormatanku. Indonesia adalah negara kesatuan, Indonesia adalah negara yang diwariskan oleh para pahlawan untuk kita semua. Kami bukanlah bangsa lain, Kami adalah Indonesia, negara yang selalu memegang teguh pada nilai-nilai pancasila. Pancasila memiliki arti yang sangat penting bagi seluruh rakyat Indonesia, pancasila menjadi ideologi negara, dimana negara harus taat kepada nilai-nilai pancasila.

Pada saat itu pahlawan kita untuk membentuk nilai pancasila ini, mendapatkan beberapa masalah dari beberapa kelompok yang ikut serta dalam pembuatan atau perumusan nilai pancasila. Pada akhirnya nilai pancasila dapat terbentuk dan dapat dijadikan sebagai dasar negara, akibat perjuangan para pahlawan Indonesia. Pengorbanan-pengorbanan para pahlawan untuk mempertahankan sebuah kejayaan adalah sebuah sikap dan jiwa sang merah putih, dimana para pahlawan merelakan harta,tahta maupun sebuah nyawa untuk meraih kemerdekaan.

Mengingat tanggal 17 Agustus 1945, bagaimana peristiwa yang terjadi pada saat itu akan membuat kita meneteskan air mata, dimana para pahlawan kita hanya mengenakan senjata yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk pertahanan diri, bayangkan saja bagaimana sulitnya untuk membunuh para penjajah pada saat itu.

Sedangkan penjajah-penjajah pada saat itu menggunakan sebuah senjata api untuk melumpuhkan para pahlawan kita. Begitu banyak berceceran darah para pahlawan di bumi pertiwi ini, hanya untuk bangsa Indonesia dan hanya untuk mengejar 1 impian yaitu untuk mengibarkan bendera Merah Putih setinggi-tingginya.

Sekarang kita masyarakat Indonesia telah menikmati hasil perjuangan para pahlawan Indonesia, jika tiada para pahlawan hidup kita pasti masih terjajah oleh bangsa-bangsa yang menjajah kita, tiada mereka bendera “Sang Merah Putih” tidak akan berkibar seperti sekarang. Untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan Indonesia, kita sebagai masyarakat harus memegang teguh jiwa kita sebagai anak Indonesia, sebagai pemuda penerus bangsa. Sepatutnya kita harus membangun jati diri kita sebagai penerus bangsa dan sepatutnya kita harus menghormati pahlawan kita yang membela kita serta yang membebaskan kita dari kejamnya seorang penjajah.

Bagi para penerus bangsa, kita dapat menggambil hikmah dan gambaran dari persoalan tersebut. Kita dapat memperbaiki bumi pertiwi ini, kita bisa menjunjung tinggi negara kita dan kita bisa jadi pahlawan bagi negara ini. Untuk mewujudkan semua itu kita harus memperbaiki jiwa kita sebagai “Jiwa Sang Merah Putih”.

Dapat diambil contoh, di salah satu SMK di Kota Probolinggo. Lebih tepatnya lagi adalah SMKN 2 Kota Probolinggo. Dimana lembaga pendidikan ini mengadakan suatu acara yaitu LDDK dengan tema “Membentuk Karakter Berbangsa”. Dimana dalam kegiatan ini seluruh siswa kelas 10 diwajibkan untuk mengikutinnya, tiada alasan apapun. Dalam kegiatan ini kita dilatih oleh Tentara KODIM 0820 Kota Probolinggo.

Seluruh siswa kelas 10 dilatih PBB dan dilatih untuk memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab. PBB adalah Peraturan Baris Berbaris. Kita semua diajarkan bagaimana PBB itu, kita semua berdiri dengan lama menerima materi, apalagi dengan berpanas-panasan.

Dimana pada saat itu ada sekelompok siswa yang mengobrol sendiri dam ada pula sekelompok siswa yang tidak disiplin, dengan datang terlambat. Hal itu menunjukkan rendahnya sikap cinta tanah air, rendahnya sikap menghargai dan rendahnya sikap kedisiplinan.

Akan tetapi, tidak seluruhnya siswa berperilaku negatif terhadap kebangsaan, masih ada sisi positifnya. Terbukti dengan adanya pemilihan tim utama banyak siswa yang berebut untuk menampilkan yang terbaik. Itu menunjukkan salah satu bukti bahwa masih banyak juga siswa yang menghargai kebangsaan dan kemerdekaan.

Hal tersebut menunjukkan tingginya rasa nasionalisme yang dimiliki para siswa. Tidak hanya dibentuk kekuatan fisik, kita dibentuk harus memiliki mental dan disiplin yang baik. Hal itulah yang dapat membentuk jiwa kita sebagai jiwa Merah Putih.

Selain kegiatan tersebut, hal yang mungkin dapat dilakukan untuk menanamkan jiwa cinta tanah air pada siswa dengan cara memberi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan memberi pengarahan dan motivasi-motivasi yang berhubungan dengan kebangsaan Indonesia dan banyak lagi yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air.

Mari kita bersama-sama meraih mimpi dan mewujudkannya cita-cita Indonesia. Di atas tanah tercinta ini, di tempat bendera Merah Putih berkibar ini, jadikanlah generasi muda Indonesia berjiwa “Sang Merah Putih”. @Hakim Zakaria Akbar

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Balasan
    1. Terima kasih kawan Muhammad Syaiful, perlu di ketahui bahwa artikel ini buatan Hakim Zakaria Akbar siswa kelas X-TKJ 2 SMK Negeri 2 Kota Probolinggo.

      Hapus
  2. Visit balik brooo.... ane newbie ^_^

    BalasHapus

Daftar Isi

Blogger Tricks
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Probolinggo Cyberspace - Powered by Blogger - Edited by Fitrah Izul Falaq -