Di Dukung Oleh :

Di Dukung Oleh :
Posted by : Unknown Jumat, 22 November 2013

Pengujian Baterai Rumput Liar Pada Lampu LED
Rumput teki atau yang sering disebut rumput liar merupakan salah satu sumber daya alam yang belum termanfaatkan secara maksimal. Selama ini, rumput liar hanya dimanfaatkan sebagai ladang peningkatan skill bagi para pemain sepak bola karena tanaman yang satu ini tumbuh bebas diladang yang tidak ditempati, dalam artian tidak ada bangunan yang berdiri pada lahan tersebut (ladang bebas). Tidak hanya dilapangan sepak bola saja, sering kali tanaman ini tumbuh dipinggiran jalan. Tentu hal ini merupakan masalah yang tidak sepele, sering kali masyarakat terganggu akan tumbuhnya rumput liar ini.

Namun, hal ini nyatanya berbeda dengan apa yang dilakukan oleh seorang pelajar di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Rumput liar ternyata bisa menghasilkan listrik. Benarkah demikian ?, Penelitian ini dilakukan oleh siswa yang bernama Fitrah Izul Falaq, Hakim Zakaria Akbar, dan Fatmaul Husna. Ketiga siswa tersebut berhasil menyulap rumput liar menjadi biobaterai yang ramah lingkungan. Mau tau cara membuatnya? This is, I will to show you....

Ternyata setelah di teliti lebih lanjut, membuat baterai berbahan dasar rumput liar sangat mudah. Adapun beberapa langkah yang dapat di ikuti :

  1. Mengumpulkan bahan dasar yang berupa rumput liar, dimana penulis mengambil sampel bahan di lapangan sepak bola SMK Negeri 2 Probolinggo.
  2. Mencuci rumput liar dengan menggunakan air hingga bersih.
  3. Mencacah sample berupa rumput liar menjadi bagian-bagian kecil sehingga memungkinkan untuk dicacah menggunakan blender.
  4. Memasukkan cacahan rumput liar dan air murni dengan komposisi yang telah ditentukan kedalam blender.
  5. Menyalakan blender kemudian cacahan rumput liar tersebut diblender hingga halus. Jika dalam satu kali blender masih belum halus, dapat diulangi hingga 2-3 kali.
  6. Setelah cacahan rumput liar halus, masukkan kedalam tiga gelas air mineral yang telah disiapkan hingga terisi setengah gelas.
  7. Masukkan plat tembaga dan plat seng kedalam gelas mineral berisi jus rumput liar, usahakan bagian ujungnya berada diluar agar dapat digunakan untuk mengukur tegangan dengan menggunakan volt meter.
  8. Ukur tegangan yang ada pada jus rumput liar dengan menempelkan kabel berwana merah pada plat tembaga dan kabel hitam pada plat seng.
  9. Melakukan pengamatan seperti diatas dengan komposisi perbandingan air, rumput liar, jenis elektroda (plat seng dan tembaga) dengan lebar yang berbeda, dan banyaknya anoda dan katoda yang digunakan.
  10. Mengamati tegangan yang dihasilkan dari setiap percobaan kemudian mencatat hasil peneletian tersebut.
  11. Setelah pengamatan selesai dilakukan, seluruh alat yang telah digunakan dibersihkan. Terutama pada plat yang difungsikan sebagai elektroda.
  12. Kembalikan alat yang digunakan dalam penelitian kembali ke tempat semula.

Hasil Pengukuran Daya Baterai Rumput Liar
Bagaimana, mudah kan? Baterai dari rumput liar ini adalah salah satu inovasi dari pelajar yang ada di kota Probolinggo. Wah pelajar kota Bayuangga hebat kan bisa buat baterai dari rumput liar? Bagaimana dengan pelajar yang lain? Tergugahkan anda? Lanjutkan. ^___^

Pengunjung yang baik selalu memberikan komentar yang membangun ^____^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Daftar Isi

Blogger Tricks
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Probolinggo Cyberspace - Powered by Blogger - Edited by Fitrah Izul Falaq -